Langsung ke konten utama

Ada Cerita di Bulan Juli: Eka-citta Writing Workshop

Kesukaanku untuk nulis memang sudah dari kecil, tapi bisa dibilang baru fokus untuk ditekuni akhir-akhir ini. Terhitung sejak kuliah, sejak merantau ke Jogja. Makin parahnya, sejak aku memilih untuk membersamai Eka-citta Kamadhis UGM sebagai pimpinan redaksi untuk tahun 2020.

Eka-citta (EC) buatku secara pribadi lebih dari hanya sekadar runitias penerbitan buletin. Ditambah dengan beberapa terobosan baru di tahun ini seperti konten berkala mingguan EC Today dan Podcast, Eka-citta juga punya salah satu program kerja yang menaungi 3 bidang penting di dalamnya. Di bidang redaksi, berkaitan dengan tulis-menulis, Eka-citta punya proker rutin tahunan sejak 4 tahun terkahir yaitu Eka-citta Writing Workshop (biasa disingkat EWW).

Sejak aku jadi staf redaksi tahun lalu, aku mulai akrab dengan banyaknya saran dan ekspetasi untuk EWW yang lebih baik lagi. Mengusung nama workshop, memang sudah seharusnya peserta bisa merasakan konsep workshop yang sebenar-benarnya. Praktik langsung, direview, dan saling mengevaluasi. Setidaknya hal itulah yang terus coba diperbaiki dari tahun ke tahun.

Bertabrakan dengan momen pandemi dimana semua terpaksa harus beradaptasi dengan metode serba daring, EWW yang rencana semula bersifat offline menjadi bergeser ke online. Tantangannya saat itu jadi bertambah: perbaikan konsep baru yang berbasis online event.

Pembentukan Awal Panitia EWW, Pas Masih Offline Ceritanya
Pembentukan Awal Panitia EWW, Pas Masih Offline Ceritanya 


Aku yang sejak dari staf merasa belum berhasil membawa perubahan buat EWW (bingung aja konsep feedback dalam workshop menulis itu harus seperti apa), bisa dibilang jadi punya double ambisi untuk tahun ini. Selama persiapan konsep besar EWW versi online, sering banget gak tidur, cari referensi sesering mungkin, gemes sendiri idealnya workshop kepenulisan tuh harus kayak apa sih. Di luar jadwal rapat koor, sering bareng ngajak mereka (read: pimpinan umum dan 2 koor ec lainnya) untuk diskusi EWW mau kayak apa, "Please guys bantu aku. Pokoe EWW tahun ini harus lebih goals lagi."

Singkat cerita, mulai berjalanlah kepanitiaan EWW yang terdiri hanya dari tim EC itu sendiri. 11 orang. Gambaran besar yang udah aku punya cuma jadi sebatas masukkan buat mereka ngembangin acara dan selebihnya mereka berhak mengatur jalannya acara mau seperti apa. Siapa pembicaranya, konsep desain publikasinya mau seperti apa, termasuk detail rundown kegiatannya mau terdiri dari apa aja dan selama apa.

Menghadirkan Ka Putri Demes Dharmesty (Jurnalis CNN Indonesia), konsep EWW tahun ini aku rasa 'memuaskan'. Suka aja sama cara kakanya untuk membawakan materi dengan gaya kekinian. Materi PPT pun hanya sekadar untuk menuntun pada contoh konkret tulisan-tulisan yang sudah pernah dimuat di Kalikata.id. Teori-teori yang sebelumnya mungkin biasa kita juluki sebagai sesuatu yang klasik jadi lebih terbayang.

Oke, sepertinya udah cukup ya aku ngejelasin tentang EWW 2020. Sekadar pengantar aja biar yang baca tulisan ini kebayang. Namun, pada postingan kali ini aku akan lebih banyak cerita tentang momen-momen berharga mengamati teman-teman panitia selama menjalankan kepanitiaan pertama versi online* 

Jadi Lebih Deket Satu Sama Lain 

Sejak kepanitiaan EWW berjalan, banyak rapat dan berbagi kepanikan bareng, mereka yang awalnya dingin jadi bisa lebih receh berjamaah. Dengerin guyon mereka lewat Google Meet rasanya adem banget, jadi ikut ketawa sendiri. Selama WFH ini apalagi sih yang lebih berharga dibandingkan mereka bisa tetep jaga komunikasi tanpa canggung? Melebihi keberhasilan proker, proses ini jauh lebih berharga dan buat seneng bukan main. 

Persiapan Totalitas

Bukti kecil mereka benar-benar nyiapin acara ini dengan totalitas itu gak hanya waktu gladi bersih dan hari H. Setiap rapat bisa dibilang mereka juga sangat well prepared. Setiap rapat rasa-rasanya dijadiin uji coba untuk buka room di hari H. Hal sederhana yang mau aku apresiasi adalah mereka selalu menyiapkan room beberapa menit sebelum jam janjian rapat sesungguhnya. Pun banyak hal lain yang selalu mereka usahakan biar perfect lah intinya. Tak terkecuali waktu hari H, makin totalitas banget. Pertahankan ya, teman-teman. 

Serius Tapi Tetap Gak Spaneng

Semua orang memang belum tentu lahir dengan potensi humor yang tinggi, tapi bisa berkembang karena saling dipantik satu sama lain. Nah, mereka begini kasusnya. Awal berjalannya kepanitiaan ini cuma beberapa orang aja yang memang mudah berbagi kerecehan, tapi lama-lama bisa menularkan ke yang lain. Buat aku pribadi, aku suka kerja dengan tipe yang kaya mereka gini: gak spaneng. Kalo kita mudah tertawa menandakan hati bahagia. Kalo hati bahagia harusnya otomatis kita mengerjakan sesuatu bisa lebih sepenuh hati. Dan kata NKCTHI, segala yang dikerjakan sepenuh hati pasti sampai ke hati yang lain. Yang gini-gini juga dipertahankan, ya. 


Sebenarnya masih banyak lagi momen-momen yang unforgettable selama kepanitiaan EWW ini berlangsung. Tapi rasanya udah kepanjangan nih, nanti malah jadi gak dapet feeling 'mo cry' nya. Sukses teman-teman untuk kepanitiaan selanjut-selanjutnya. Semoga bahagia selalu dan tetap semangat menjalankan periode setengah tahun lagi. 

Terima kasih, ya. 

*Unggahan ini spesial dipersembahkan untuk Panitia EWW tahun 2020

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengapa Aku Memilih Fakultas Geografi ?

“Setiap orang punya ceritanya masing-masing. Mungkin tak berharga bagi yang lain, tapi baginya pasti memiliki kesan tersendiri. Tak ada yang dapat menilai dengan kuantitas seberapa bermakna cerita itu. Sebab, sesungguhnya cerita itu tentunya tak terlepas dari metamorfosis perjalanan hidupnya” Dan inilah ceritaku. Jawaban dari judul postinganku kali ini bermula dari sebuah event tahunan sekolahku, SMA Negeri 1 Bekasi, yang biasa disebut BOB ( Best of The Best ). BOB ini merupakan acara yang diselenggarakan oleh sekolahku untuk menyeleksi siswa-siswi yang berminat mengikuti olimpiade. Beberapa anak di sekolahku sangat antusias mendengarnya. Mereka dengan cepat mendaftar dan sesudahnya langsung belajar. Tak satu atau dua anak kujumpai mereka membaca buku pegangan olimpiade untuk menghadapi BOB itu. Bahkan, mereka dengan antusias mengikuti pembinaan tutor sebaya dengan kakak kelas yang pernah mengikuti bidang yang sama di tahun sebelumnya. Tapi tidak dengan aku. Aku tidak pern

Coba Jawab Tebak-Tebakan Buku Kekinian, Marah Atau Bercanda Yang Bisa Buat Masalah Lari?

Sumber Gambar : pinterest.com Rasa-rasanya semua orang yang ngaku anak muda di 2 tahun terakhir ini tentu akrab dengan buku kekinian: NKCTHI. Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini. Buku berjenis flash fiction ini dilihat-lihat sudah mampu membuat kemajuan mental bagi pembacanya yang mungkin semula penuh penolakan terhadap hidupnya. Layak diakui memang, saya pun turut menjadi penggemar dan pengingat setiap halaman di buku ini dengan detail. Suka aja sama cara penulisnya, Marchella FP menuangkan kata-kata sederhana tapi cukup ‘menampar’ kita yang punya emosi sering naik turun. Selisih hampir 1 tahun NKCTHI diluncurkan, buku lanjutannya yang membawa ‘sisi gelap hidup’ berjudul Kamu Terlalu Banyak Bercanda (KTBB), turut menjadi daftar bacaan yang patut dibaca. Seperti halnya NKCTHI, pembaca tentu juga punya bagian favoritnya masing-masing di KTBB. Bagi saya, salah satu bagian yang sangat tergiang adalah ‘ Katanya hidup gak sebercanda itu. Coba tanya mereka, apa marah bisa muat masalah har

Saat Kami Belum Bisa Melihat Derasnya Aliran Sungai Kampar

Jika berbicara tentang lika-liku hidup di SMA Negeri 1 Bekasi, bagi saya, Novirene Tania dan teman perjuangan saya, Erika Aurellia, Geografi menjadi salah satu hal yang membuat kehidupan masa putih abu-abu kami menjadi berfaedah. Kami tak tahu apakah ini bisa disebut sebagai pengalaman ataupun tidak. Singkat cerita, inilah seberapa pentingnya Geografi bagi kami….. Menginjak tahun kedua bergabung di Olimpiade Geografi, membuat saya menyusun rencana yang lebih jelas dibanding tahun pertama keikusertaan saya. Di tahun kedua, saya baru menyadari betapa saya menyukai divisi ini. Jika kalian bertanya bagaimana respon teman-teman terhadap minat saya, mungkin kalian akan bingung dan bertanya-tanya. Tradisi Olimpiade Geografi khususnya di Kota Bekasi sudah menjadi rahasia umum. Pergunjingan tidak terelakkan. Setelah pemerintah menggelar OSN Geografi pada tahun 2013, tentunya kompetisi tingkat awal menuju ke sana pun harus digelar yaitu Seleksi Olimpiade Sains Tingkat Kota (OSK). Sejak tahu